Cega Influensa Dengan Buah

Influenza merupakan penyakit yang sangat lazim. Gangguan akibat virus ini bahkan merupakan kasus tersering yang kami jumpai di klinik. Walaupun terkadang dianggap kelainan sepele tetapi seringkali menurunkan produktivitas kerja dan walaupun jarang tetapi dapat menyebabkan gangguan yang serius.

Mutasi dari virus penyebab influenza merupakan penyebab utama sering ditemukannya kelainan ini. Sistem kekebalan tubuh seharusnya secara wajar dapat menanggulangi penyakit ini tanpa bantuan obat-obatan apapun. Tetapi pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat seringkali mengakibatkan tubuh kita sulit mengatasinya dengan cepat.

Beberapa makanan sehat yang disarankan untuk meingkatkan kekebalan tubuh dan mencegah anda terserang influenza :

1. Jambu biji Jambu biji termasuk buah yang mengandung vitamin C tinggi. Buah ini mengandung Vit C dua kali lebih banyak dari jeruk. Selain itu kandungan asam amino pada buah ini pun turut memberi peran dalam kekebalan tubuh. Selain itu jambu biji juga mengandung anti oksidan dan fito kimia. Jadi selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh, buah ini membantu mempercepat kesembuhan.

2. Pepaya. Kandungan buah ini mirip dengan jambu biji walaupun tanpa kandungan fitokimia dan asam amino.

3. Tomat Tomat mengandung zat khusus yang disebut tomatin. Zat ini membantu menyembuhan peradangan dan membantu menurunkan panas.

Khasiat Bawang Putih

Biasanya bawang putih hanya dijadikan untuk pelengkap atau penyedap masakan, tetapi apakah anda tahu apa khasiat yang tergandung di dalam bawang putih?

Dengan mengkonsumsi bawang putih resiko terkena kanker dapat dikurangi.

Berikut khasiat yang tergandung didalam bawang putih :

– Menghambat kemerosotan otak dan sistem kekebalan tubuh.

– Menghambat pertumbuhan sel kanker.

– Membantu menurunkan kadar kolesterol.

– Menyembuhkan tekanan darah tinggi.

– Meningkatkan insulin darah bagi penderita diabetes.

– Melumpuhkan radikal bebas yang mengganggu sistem kekebalan tubuh.

– Bermanfaat sebagai penawar racun (detoxifier) yang melindungi dari berbagai penyakit.

– Membantu menambahkan nafsu makan apabila dikonsumsi mentah.

Selain itu kandungan didalam bawang putih mengandung berbgai vitamin, seperti vitamin A, B, dan vitamin C. walaupun bentuknya kecil dan aromanya tidak enak, tetapi khasiatnya banyak sekali.

Jika anda mengkonsumsi 2-3 siung bawang putih sehari akan menghindarkan dari penyakit jantung

Sumber : Lautan Indonesia Forum

Obat Jerawat Alami

Siapapun yang jerawatan akan merasa risih, hayooo siapa yang jerawatan… ..? Udah dulu bercanda nya sekarang serius neh…! tak peduli gadis remaja atau para jejaka, terlebih kaum ibu dan bapak-bapak sungguh bikin malu. tapi jangan pada malu-maluin aja….!
Neh saya kasih resep yang semoga bisa ngurangin jerawat

1. JERUK NIPIS
– Ambil belerang 1/2 sendok makan, lembutkan dengan perasan air jeruk nipis yang sudah di belah. Gunakan ramuan ini untuk mengobati bagian wajah yang jerawatan. Hati-Hati jika kulit wajah anda sensitif, karena belerang termasuk obat keras

2. TOMAT
– Ambil buah tomat yang sudah masak, lalu iris lah kecil-kecil, dan jangan lupa sebelum tidur balurkan lah wajah Anda yang jerawatan dengan tomat yang telah di iris-iris tadi

3. SIRIH
– Lumatkan beberapa lembar daun sirih lalu tempelkan pada bagianmuka yang jerawatan. Lakukan beberapa hari, Niscaya Anda akan terbebas dari jerawat

Efek Kurang Vitamin E

Wanita yang tidak memperoleh vitamin E dengan cukup, lebih mungkin memperlihatkan tanda-tanda terkena gangguan penyempitan pembuluh darah (atherosclerosis) lebih dini dibanding wanita yang kecukupan vitamin tersebut.

Tanda-tanda itu bahkan bisa muncul sebelum mereka merasakan adanya gangguan. Atherosclerosis adalah penumpukan plak di pembuluh yang menghambat aliran darah sehingga meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Dalam laporannya di  American Journal of Clinical Nutrition, sekelompok peneliti dari Italia mengatakan, semakin cukup vitamin E yang dikonsumsi, semakin kecil kemungkinan mereka memiliki jejak awal berupa penebalan pembuluh carotid di leher, yang merupakan tanda gangguan pembuluh darah di tubuh.

Dalam penelitian yang melibatkan  310 wanita berusia 30 hingga 69 tahun itu didapati, wanita yang paling besar risiko terkena gangguan pembuluh darah adalah mereka yang paling  sedikit mengonsumsi vitamin E.

Contoh darah juga memperlihatkan bahwa rasio kadar vitamin E dalam darah terhadap kolesterol darah berkaitan  dengan serangan dini pembuluh darah. Semakin sedikit vitamin E dalam kaitannya dengan kolestreol darah,  semakin besar kemungkinan pasien memiliki timbunan plak dalam pembuluh carotid.

Tapi apakah semua wanita lalu harus menjejali tubuhnya dengan vitamin E? Tunggu dulu. Menurut peneliti, peningkatan konsumsi vitamin E hanya bermanfaat bagi mereka yang konsumsi vitamin E dalam pola makan hariannya memang kurang. Tambahan vitamin E itu tidak akan memberi efek pada mereka yang pola makan hariannya sudah cukup.

Lalu bagaimana mengetahui konsumsi vitamin E sudah cukup atau belum?  “Akan sangat membantu bila sebelum menambah konsumsi vitamin E kita mengevaluasi konsentrasi darah kita dulu di laboratorium,” saran peneliti.

Sumber: Gaya Hidup Sehat

Cegah Penuaan Dini Yuk…

Siapa sih yang tidak mau selalu terlihat muda? Terutama kaum wanita ya..Nah bagi yang mau mencegah penuaan dini bisa ters baca ya..moga-moga bisa berguna

1. Kebiasaan yang tidak sehat
Kesehatan kulit sangat dipengaruhi oleh kebiasaan hidup sehari-hari. Kebiasaan buruk seperti merokok, minum kopi dan alkohol, stres, sampai kurang tidur, akan membuat kulit menjadi lebih kering. Kulit yang kering menjadi salah satu penanda dari faktor penuaan dini, karena pada usia produktif kulit manusia sebenarnya masih memiliki tekstur yang baik. Namun berbagai kebiasaan buruk itu membuat sel kulit menjadi rusak, dan kulit menjadi lebih kering, karena kulit tidak mampu menangkap dan mempertahankan air dalam lapisan kulitnya.

2. Efek lingkungan
Lingkungan juga bisa memberi pengaruh buruk bagi kulit Anda. Misalnya saja terlalu sering berada di ruangan berpendingin udara, udara kotor, polusi, sampai radiasi matahari. Namun yang paling ‘jahat’ adalah radiasi dari matahari. Sebaiknya gunakan krim tabir surya agar kulit tidak rusak dan menjadi kanker.


3. Usia
Proses aging atau penuaan akan dimulai pada usia 20-an, namun kulit masih akan mampu menyeimbangkan dan menghambat proses penuaan ini. Kulit akan berkurang kemampuannya untuk memproduksi sel-sel kulit baru ketika sudah memasuki usia di atas 30 tahun.


4. Genetik
Pada kasus penuaan dini, ada juga orang yang mengalami masalah ini karena faktor keturunan. Gen “aging” yang terbawa dalam diri seseorang akan memungkinkan dirinya menjadi tua sebelum waktunya. Sebaliknya, ada yang memiliki faktor keturunan untuk terlihat awet muda.

5. Kondisi fisik dan kesehatan
Kulit merupakan salah satu salah satu penanda fisik yang menonjol ketika tubuh mengalami masalah kesehatan.  Ketika tubuh sedang sakit, efeknya akan langsung terlihat pada kulit, misalnya menjadi kusam dan tidak bercahaya. Jika kulit tidak dirawat dengan tepat setelah mengalami sakit, kulit akan menjadi semakin bermasalah dan rusak.

6. Perawatan diri
Meski akan mengalami masalah penuaan kulit, namun untuk mengurangi dampak kerusakan sebelum waktunya, Anda perlu melakukan perawatan sejak dini. Perawatan diri yang tepat sesuai kebutuhan kulit akan membuat kulit menjadi sehat dan indah.

Diamonds Cellular Anti-Ageing Cream

Sumber : http://www.lautanindonesia.com

Persahabatan sejati

Persahabatan sejati adalah seperti kesehatan yang baik; nilai itu jarang diketahui sampai hilang “.
– Charles Caleb Colton

http://htxt.it/UClQ

http://htxt.it/UClQ

Fact Tentang Petai

PetaiTidak asing dengan yang satu ini kan..??

Yups..ini adalah buah petai, aku sih bukan salah satu penggemarnya lhoo…cuman kadang memang penasaran kenapa orang-orang kok banyak yang suka petai.  Ternyata petai memiliki beragam manfaat, disimak yuk.

Petai atau  pete  yang memiliki nama latin Parkia speciosa merupakan pohon dari suku polong-polongan. Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yang disebut “petai” juga, dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus.

Pohon PetaiPohon petai menahun, tinggi dapat mencapai 20m dan kurang bercabang.Bunga muncul biasanya di dekat ujung ranting. Buahnya besar, memanjang, betipe buah polong. Dari satu bongkol dapat ditemukan sampai belasan buah. Dalam satu buah terdapat hingga 20 biji, yang berwarna hijau ketika muda dan terbalut oleh selaput agak tebal berwarna coklat terang. Buah petai akan mengering jika masak dan melepaskan biji-bijinya.

Biji petai, yang berbau khas dan agak mirip dengan jengkol, dikonsumsi segar maupun dijadikan bahan campuran sejumlah menu.

Beberapa Fact tentang petai :

  • Petai mengandung tryptophan yang akan diubah menjadi serotonin, yaitu zat yang dapat memperbaiki mood & lebih bahagia.
  • Petai mengandung vit. B6 yg dapat mengatur kadar gula darah, sehinga memperbaiki mood, terutama bagi perempuan saat PMS.
  • Petai tinggi akan zat besi yang dapat menstimulasi produksi sel darah merah, bagus untuk mengatasi anemia.
  • Petai tinggi potassium dan rendah garam, dapat mencegah tekanan darah tinggi. Berdasarkan penelitian, makanan tinggi potassium seperti petai dapat meningkatkan konsentrasi.🙂
  • Belum ada bukti mengenai penyebab urine bau setelah makan petai, tp diduga karena proses pencernaan
  • Dibanding apel, petai memiliki protein empat kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat vitamin A dan zat besi, dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya. Petai merupakan sumber energi yang baik, yaitu 142 kkal per 100 g biji.
  • Kandungan vitamin A pada petai juga cukup baik, yaitu 200 IU per 100 g. Vitamin A berperan menjaga agar kornea mata selalu sehat.

Hmm..ternyata banyak manfaatnya ya..hayoo tertarik mencoba?

 

Berbagai Manfaat Daun Bawang

Daun bawang biasa kita manfaatkan sebagai taburan di makanan, rasanya yang segar dan khas membuat masakan menjadi semakin lezat.

Banyak yang tidak menyadari, selain mempercantik dan mebuat makanan menjadi lebih lezat ternyata daun bawang kaya manfaat, apa saja manfaaat daun bawang?

Daun bawang kaya akan antioksidan flavonoid, mineral, dan berbagai vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Daun bawang rendah kalori, dan batangnya mengandung serat larut maupun serat tidak larut.

Bagian hijau dari daun bawang mengandung asam folat yang bagus untuk ibu hamil.

Ketika dipotong/dimemarkan, daun bawang akan menghasilkan allicin, yaitu zat yg dapat menurunkan kolesterol. Zat allicin tersebut juga berperan sebagai anti-bakteri, anti-virus, anti-jamur, serta dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Daun bawang cukup tinggi akan vitamin C, yang dapat menjaga tubuh dari infeksi dan efek radikal bebas. Selain itu, daun bawang merupakan sumber vit. A, K, & E, karoten, xanthin, yang sangat baik.

Nah hayoo siapa yang maak suka pake daun bawang? Semakin mantap nih

Hmm enaknya…