Apa anda penggemar minuman bersoda? Sebagian besar pasti mengatakan Ya. Apalgi saat cuaca panas, sangatlah nikmat kalau kita minum minuman bersoda dingin. Tapi hati-hati jangan terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda, karena ada beberapa bahaya yang mengancap kalau minum minuman bersoda secara berlebihan.

Ketergantungan Pada Kafein

Minuman bersoda mengandung kafein. Efek negatif kafein adalah membuat jantung berdebar, insomnia, tekanan darah rendah, dan lain-lain. Dan lebih bahayanya lagi kafein merupakan zat yang mampu membuat orang ketergantungan.

Meningkatkan Resiko Tulang Rapuh

Salah satu kandungan minuman bersoda adalah asam fosfat. Dalam suatu penelititan, asam fosfat ini bisa menyebabkan penyakit kerapuhan tulang. Hal ini karena asam fosfat bisa melarutkan kalsium yang ada di dalam tulang. Akibatnya, tulang menjadi rapuh dan keropos.

Meningkatkan Resiko Diabetes

Minuman bersoda memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Itulah sebabnya para penderita penyakit diabetes tidak dianjurkan mengkonsumsi minuman bersoda. Hal ini karena hormon insulin yang ada di dalam tubuhnya tidak cukup, bahkan tidak sanggup untuk mengubah zat gula tersebut menjadi gula otot (glikogen). Akibatnya, gula darah (glukosa) akan meningkat dan membahayakan.

Diabetes juga merupakan salah satu penyakit yang bisa memicu penyakit yang lain, misalnya stroke dan kerusakan jantung koroner. Jika Anda banyak mengkonsumsi minuman bersoda, selain berpotensi menyebabkan diabetes, stroke dan kerusakan jantung korone juga bisa terjadi.

Meningkatkan Risiko Obesitas

Minuman bersoda kaya akan kalori. Kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa meningkatkan risiko obesitas. Tak hanya bagi orang yang sudah dewasa, anak-anak bisa menderita obesitas.

Resiko Kerusakan Pada Gigi

Kadar gula pada minuman bersoda bisa meningkatkan kerusakan pada gigi, dan tidak hanya itu, asam fosfat yang terkandung pada minuman bersoda juga bisa melarutkan kalsiuym pada gigi.

Ada baiknya Anda mengganti minuman bersoda dengan minuman lain yang lebih bermanfaat bagi tubuh. Misalnya, susu sapi, susu kedelai, air putih, teh hijau, teh hitam, jus buah-buahan, atau yoghurt. Dengan minum minuman yang menyehatkan, Anda akan terhindar dari risiko penyakit-penyakit serius yang mengancam tubuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s