Kemaren iseng-iseng nonton Narnia The Voyage of  the Dawn Treader sama Annet n mami nya…

Wah kebetulan nonton yang 3D..Efeknya lumayan keren tuh..hasilnya cukup puas lah, jalan ceritanya juga ringan buat cocok untuk semua umur.

Jadi kepengan nulis nih tentang Narnia..

The Chronicles of  Narnia ditulis oleh C.S Lewis, terdiri dari 7 novel pendek yang ditujukan untuk anak-anak. Serial ini ditulis antara tahun 1950 ampai 1956.

Nah kalo mau baca urutan kronoligis nya sbb :

  1. The Magician’s Nephew – Keponakan Penyihir
  2. The Lion, The Witch and The Wardrobe – Sang Singa, Sang Penyihir dan Lemari
  3. The Horse and His Boy
  4. Price Caspian – Pangeran Caspian
  5. The Voyage of The Dawn Treader – Petualangan Dawn Treader
  6. The Silver Chair – Kursi Perak
  7. The Last Battle – Pertempuran Terakhir

Kenapa aku sebutin urutan kronologis…karena memang urutan novel yang sebenarnya gak gini lho…tapi biar gak bingung bacanya enaknya sih dengan urutan ini.

 

Karakter utama di dunia Narnia adalah Aslan.

Aslan digambarkan sebagai makhluk yang bijak dan penuh kasih sayang. Selain itu ia adalah makhluk yang misterius dan penuh kekuatan yang menjaga dan menyelamatkan Narnia. Sepanjang alur cerita, Aslan dikisahkan sebagai makhluk yang menciptakan dan menghancurkan dunia, termasuk dunia Narnia. Menurut penulisnya, C. S. Lewis, Aslan adalah gambaran lain dari Kristus, jikalau Kristus muncul dalam dunia fantasi. Aslan adalah satu-satunya karakter yang selalu muncul di ketujuh novel Narnia.

Gak asing dengan tokoh ini?

Salah satu karakter di Chronicles of Narnia ini adalah Diggory Kirke, paman para anak-anak Pevensie. Dalam buku The Magician’s Nephew diceritakan masa kecil Diggory, pertemuannya dengan Jadis yang dikemudian hari dikenal sebagai White Witch dan asal mula dari Lemari tempat anak-anak Pevensie pertamakali memasuki dunia Narnia.

Sekilas tentang The Magician Nephew :

Keponakan Penyihir

Digory Kirke adalah seorang anak kecil yang tinggal di London bersama ibunya yang sedang sakit keras, Mabel Ketterley-Kirke, serta pamannya yang aneh Andrew Ketterley dan Letitia Keterley. Sang ibu dikatakan sudah tidak ada harapan lagi untuk sembuh sementara sang ayah bertugas di India. Pada suatu hari, Digory berkenalan dengan seorang gadis sebaya bernama Polly Plummer. Mereka berdua mempunyai ketertarikan terhadap petualangan dan dengan lorong rahasia diantara atap-atap rumah mereka, mereka menemukan sebuah ruangan nyaman di loteng sebuah rumah yang tidak berpenghuni. Ternyata ruangan itu adalah milik Paman Andrew yang menginginkan Digory serta Polly mencoba cincin yang diwariskan kepadanya oleh ibu tiri Andrew. Polly menyentuh sebuah cincin dan cincin itu menghilangkannya. Dengan sedikit ancaman, Digory membawa cincin kuning untuk pergi dan hijau untuk pulang bersamanya ke Polly. Setelah bereuni di Hutan Antar Dunia, mereka pergi dan malah berada di negara Charn. Dinegara itu, dengan rasa penasaran mereka malah membangunkan Jadis, sang penyihir yang telah membuat negara itu hancur. Dengan sedikit nalar, mereka tahu Jadis jahat dan malah membawa penyihir itu ke London dan ia membuat kekacauan. Digory dan Polly kemudian menyeret Jadis pergi ke dunia lain (dan secara tidak sengaja menyeret seorang kusir dan kudanya, potongan lampu jalan, dan Paman Andrew) yang ternyata adalah Narnia yang diciptakan oleh Aslan sang singa. Digory lalu meminta Aslan untuk menyembuhkan ibunya. Aslanpun menyuruhnya pergi ke suatu tempat dan mengambil apel ajaib. Apel itu kemudian ditanam Digory di Narnia dan memetik sebuah untuk ibunya. Kemudian ibunya sembuh.

Saat semuanya berlangsung semakin baik (ditambah keluarga itu mendapat warisan berupa rumah besar yang antik), Digory dan Polly menanam biji apel dan cincin, kemudian biji itu menjadi pohon yang besar dengan buah yang berkhasiat. Namun, pohon itu tumbang setelah bertahun-tahun. Karena tidak tega, Digory membuat kayunya menjadi sebuah lemari yang nantinya akan digunakan anak-anak Pevensie sebagai gerbang ke Narnia.

Anak-anak Pevensie yang terdiri dari Peter, Susan, Edmund, dan Lucy Pevensie . Mereka pertama kali masuk ke dunia Narnia melalui sebuah lemari dalam buku “The Lion, The Witch and The Wardrop”. Lalu, bersama dengan Aslan menumpas kejahatan dari White Witch/Penyihir Putih yang membuat negeri Narnia selalu mengalami musim dingin. Akhirnya, mereka diangkat menjadi raja-raja dan ratu-ratu Narnia.

Dalam pemunculan kedua mereka di buku “Prince Caspian”, mereka kembali ke Narnia dan menemukan bahwa tahta Narnia direbut oleh orang Telmar. Sebagai akibatnya makhluk-makhluk asli Narnia dipinggirkan. Dengan pertolongan anak-anak Pevensie, Pangeran Caspian, seorang keturunan Telmar yang mau melindungi makhluk-makhluk Narnia, berhasil mendapatkan kembali haknya sebagai raja. Lucy dan Edmund muncul kembali dalam buku “The Voyage Of The Dawn Treader” di mana mereka bersama Raja Caspian mengarungi lautan sampai ke ujung dunia dan mencapai negeri Aslan.

Kemunculan terakhir mereka adalah diakhir buku “The Last Battle” dimana Peter, Edmund dan Lucy tewas dalam kecelakaan kereta api dan kemudian masuk ke Narnia yang asli setelah dunia Narnia yang mereka kenal hancur. Mereka masuk ke Narnia yang asli bersama-sama dengan makhluk-makhluk Narnia yang percaya kepada Aslan. Disana mereka bertemu kembali dengan tokoh-tokoh Narnia yang sudah mereka kenal seperti Mr. Tumnus, Para Berang-berang, RAja Caspian X, Reephicheep dan yang lain-lain.

ehhmm…ehmmm…kalo ini adalah Pangeran Caspian atau Raja Caspian X adalah salah satu tokoh utama di dalam dunia Narnia . Ia muncul pertama kali di seri novel yang berjudul Prince Caspian. Pangeran Caspian adalah seorang keturunan bangsa Telmar yang asalnya adalah bajak laut dari dunia kita.

Pangeran Caspian X adalah anak dari Raja Caspian IX. Karena ayahnya meninggal pada saat Caspian masih muda, ia diasuh oleh pamannya yang jahat yang bernama Miraz. Pada masa itu para makhluk Narnia menjadi makhluk-makhluk yang terusir ke dalam hutan, dan sejarah mereka tidak boleh diceritakan di Narnia. Perawat Caspian secara diam-diam menceritakan sejarah Narnia yang telah lama hilang setelah bangsa Telmar menjajah Narnia. Miraz yang mengetahui itu segera mengusir perawat itu, dan diganti oleh seorang guru pribadi yang bernama Doctor Cornelius. Doctor Cornelius ternyata seorang berdarah campuran antara dwarf dan manusia. Ia menceritakan kepada Caspian bahwa Narnia benar-benar pernah ada. Ketika Miraz mendapatkan seorang putra, nyawa Caspian menjadi terancam karena Miraz ingin putranya yang baru lahir menjadi raja, bukan Caspian. Akhirnya, Caspian kabur dari istana dan bertemu dengan makhluk-makhluk asli Narnia. Lalu, bersama-sama dengan anak-anak Pevensie, ia menumbangkan kekuasaan Miraz dan menjadi raja yang baik.

Di dalam perjalanannya di “The Voyage Of The Dawn Treader”, ia bertemu dengan putri dari Ramandu. Ramandu adalah seorang bintang yang sudah tua. Ia mengambil putri tersebut menjadi istrinya, dan mempunyai seorang anak yang bernama bernama  Pangeran Rillian.

Nah…ntar disambung lagi deh…

One response »

  1. zahra_hilfa mengatakan:

    cepat sambung lagi ya cerita narnianya……………
    soalnya aku fans berat film narnia…………🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s