PetaiTidak asing dengan yang satu ini kan..??

Yups..ini adalah buah petai, aku sih bukan salah satu penggemarnya lhoo…cuman kadang memang penasaran kenapa orang-orang kok banyak yang suka petai.  Ternyata petai memiliki beragam manfaat, disimak yuk.

Petai atau  pete  yang memiliki nama latin Parkia speciosa merupakan pohon dari suku polong-polongan. Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yang disebut “petai” juga, dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus.

Pohon PetaiPohon petai menahun, tinggi dapat mencapai 20m dan kurang bercabang.Bunga muncul biasanya di dekat ujung ranting. Buahnya besar, memanjang, betipe buah polong. Dari satu bongkol dapat ditemukan sampai belasan buah. Dalam satu buah terdapat hingga 20 biji, yang berwarna hijau ketika muda dan terbalut oleh selaput agak tebal berwarna coklat terang. Buah petai akan mengering jika masak dan melepaskan biji-bijinya.

Biji petai, yang berbau khas dan agak mirip dengan jengkol, dikonsumsi segar maupun dijadikan bahan campuran sejumlah menu.

Beberapa Fact tentang petai :

  • Petai mengandung tryptophan yang akan diubah menjadi serotonin, yaitu zat yang dapat memperbaiki mood & lebih bahagia.
  • Petai mengandung vit. B6 yg dapat mengatur kadar gula darah, sehinga memperbaiki mood, terutama bagi perempuan saat PMS.
  • Petai tinggi akan zat besi yang dapat menstimulasi produksi sel darah merah, bagus untuk mengatasi anemia.
  • Petai tinggi potassium dan rendah garam, dapat mencegah tekanan darah tinggi. Berdasarkan penelitian, makanan tinggi potassium seperti petai dapat meningkatkan konsentrasi.🙂
  • Belum ada bukti mengenai penyebab urine bau setelah makan petai, tp diduga karena proses pencernaan
  • Dibanding apel, petai memiliki protein empat kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat vitamin A dan zat besi, dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya. Petai merupakan sumber energi yang baik, yaitu 142 kkal per 100 g biji.
  • Kandungan vitamin A pada petai juga cukup baik, yaitu 200 IU per 100 g. Vitamin A berperan menjaga agar kornea mata selalu sehat.

Hmm..ternyata banyak manfaatnya ya..hayoo tertarik mencoba?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s